Sulam Alis

facebooktwittergoogle_plusmail

Udah lama banget aku penasaran same metode sulam alis, which is yang ada di pikiranku saat denger  ritual ini tuh langsung “benang dan jarum” terus rambutnya di sulam (hahaha serem abis) tapi setelah baca banyak artikel di internet dan nanya orang yang udah pernah akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya! Sebenernya salah satu alasan kenapa aku mau nyoba sulam alis adalah karena aku capek bikin alis! Pengennya bangun tidur, pas berenang alisnya tuh selalu steady, ya beruntunglah kalian yang alisnya tebel, mine’s aren’t that bushy enough! Sebelum baca lebih lanjut perlu diingat bahwa menurut opini aku, sulam alis is such an amazing innovation yang sangat berguna untuk kamu alisnya kurang tebel because as you know eyebrows frames our face tapi juga proses ini tidak lepas dari slogan beauty is pain dan tetep aja ada rasa sakitnya! So here’s my sulam alis story…

Apa sih sulam alis itu?

Sulam Alis merupakan proses aplikasi tinta (herbal) berfungsi mengisi bagian-bagian alis yang kosong, menggantikan alis-alis rambut. Menyisipkannya diantara rambut alis asli dan membuatnya terlihat lebih tebal sekaligus alami.

Teknik sulam alis menggunakan alat khusus (embriodery machine) yang menghasilkan garis salur-salur di bagian kulit bagian luar (epidermis). Alat yang digunakan sangat sederhana dan jauh dari kesan menyeramkan, berupa pena unik dilengkapi dengan motor penggerak didalamnya, yang bisa bergerak dengan kecepatan tinggi untuk menggambar alis sesuai dengan yang diinginkan. Pada ujung alat tersebut telah dioleskan tinta khusus yang terbuat dari bahan-bahan alami dan berfungsi sebagai pewarna. Tinta terbuat dari bahan-bahan herbal dengan warna yang dapat disesuaikan dengan alis yang asli. Proses sulam dan warna tinta herbal membuat alis terlihat lebih alami dan lebih populer dibandingkan tato alis. (sulamalis.com)

 

Sama di tato bedanya apa?

Kalo di tato, warna itu masuk ke lapisan terdalam kulit sehingga prosesnya sangat sakit sedangkan kalo sulam, hanya lapisan luar kulit jadi gak kerasa sakit (plus juga di bius kulitnya jadi kebal).

Tahan Berapa Lama?

Normalnya bisa sampai 2 tahun, tapi kalo kamu pemakai kirm muka yang mengandung pemutih suka tidak awet dan bisa cuma bertahan sampai 6 bulan. Kalo kamu bener-bener ga suka sama hasilnya, cara untuk ngilanginnya ya pake laser.

Treatment ini cocoknya untuk siapa?

Untuk kamu yang alisnya ga ada sama sekali, ada bulunya tapi nggak tebel or gak berwarna dan untuk kamu yg alisnya udah tebel tapi ingin alisnya terus terlihat rapi!

Perlengkapanya

Embriodery Machine

Pilihan Warna Tinta Herbal


Step-steps sulam alis… (durasi pengerjaan 1 jam 30 menit – 2 jam)

1. Clean Your face especially eyebrow area ­– jangan ada makeup, pastikan area yang akan di sulam dalam kondisi bersih.

2. Salep Bius – terapis akan mengaplikasikan salep kepada alis yang akan mengebalkan permukaan kulit, salep tersebut didiamkan selama kurang lebih 30 menit

3. Bikin outline alis ­– Bila kamu biasa buat alis sendiri, gambarlah outline bentuk alis yang kamu inginkan (dalamnya kosong), bila tidak biasa kamu bisa suruh terapisnya merancang lekuk alis yang sesuai dengan bentuk mukamu. Step ini penting banget karena kalo salah bentuk bisa salah semua! So take ur time!

4. Pembersihan bulu halus – Semua bulu yang diluar outline tersebut di cukur

5. Mulai sulam – Basically dilakukan 3 lapisan, setiap 1 lapis selesai salep anestesinya diaplikasikan lagi agar tidak sakit. Kenapa 3 lapis? Sebenernya bisa kurang dari itu lapisannya tapi 3 lapis ketebalanya pas.

6. Selesai – warna merah sekitar alis akan hilang dalam waktu 30 menit – 1 jam, langsung pake salep antibiotiknya agar tidak ada bengkak dsb. Kulit akan mengelupas dalam kurun waktu 3-5 hari dan warna “asli” dari sulam alisnya akan keluar.

 

Tips

Do’s


–          Sebelum sulam, beli stencil alis  dan berkeksperimenlah! lihat mana bentuk yang cocok, sebenernya ikuti aja lekuk alami kamu untuk hasil yang natural, lekuk yang terlalu dramatis akan merubah bentuk muka dan malah kelihatan berlebihan.

–          Cuci muka tapi sebisa mungkin hindari bagian alis, tidak apa-apa kena sabun bagian alis tapi jangan dikucek dan cepet keringkan

–          Pake krim antibiotiknya setiap malam selama 1 minggu untuk menghindari iritasi

–          Rapihkan bulu-bulu halus yang tumbuh di sekitar sulam alis agar selalu terlihat rapi

–          Tetep boleh ditambahin pensil alis/brow powder supaya bentuknya lebih defined

–          Pastikan anda sedang relaks dan sedang tidak terburu-buru pada saat akan melakukan sulam alis sehingga hasil sulam optimal.

Dont’s


–          Gak bawel sama terapisnya pas bikin outline alis, jangan sampe bentuk yang dia bikin itu gak sesuai dengan keinginan kamu, ini kan sifatnya bisa dibilang semi permanen jadi kamu harus bawel dan bener-bener ngarahin terapisnya mau bentuk alisnya gimana. Jangan sampe nyesel! Wajib baca artikel aku yang “Alis” dan jangan sampai alis kamu tidak proporsional, lebih baik kependekan jadi bisa ditambah dengan pensil alis, kalo kepanjangan buntut atau depannya bisa repot.

–          Langsung kucek-kucek bagian yang baru di sulam pake sabun (kecuali kalo mau cepet hilang)

–          Gak pake krim antibiotiknya, proses pengelupasanya jadi lama dan warna aslinya gak keluar-keluar juga kulit jadi tidak terlindungi dari iritasi.

–          Pake krim pemutih dan kena alis juga, pemutihnya bisa membuat warna sulaman menjadi cepat pudar

–          sedang haid/datang bulan, karena pada saat itu kulit sedang sensitif. Sebaiknya tunggu 10-12 hari setelah haid, dimana pada saat itu kulit wajah sedang dalam kondisi prima

–          Tidak disarankan bagi anda yang sedang sedang hamil atau menderita diabetes

Recommended Therapist

If you go to sulamalis.com, you will find so many information tentang sulam alis.. The eyebrow pro is Mba Anggie dan dibawah ini adalah hasil karya-nya (trust me she’s amazing!)

Biaya: +/- 2,500,000 

Contact Number: 08111 890 283 / 021 – 70493337

GOODLUCK :)